duniabaca.com

duniabaca.com


7 Kondisi yang Membuat Seks Menjadi Terlarang Saat Hamil

Posted: 10 Mar 2013 04:32 AM PDT

7 Kondisi yang Membuat Seks Menjadi Terlarang Saat Hamil. Ketika hamil, tidak sedikit wanita atau bahkan pria yang menjadi sangat protektif pada janin mereka sehingga menolak bercinta karena khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Sebenarnya tidak selalu seks selama hamil membahayakan. Hanya pada kondisi-kondisi tertentu bercinta saat hamil menjadi terlarang.

Sebagaimana dikatakan para dokter ahli di situs Baby Center seperti Dunia Baca dot Com sadur dari laman detikcom, pada sebagian besar kasus, bercinta saat hamil boleh-boleh saja.

Selama Anda tidak mengalami komplikasi, seks seharusnya bukan hal yang berisiko untuk dilakukan. Yang perlu Anda pahami, janin dilindungi selaput ketuban yang berisi cairan amnion dan plasenta serta otot rahim yang kuat. Sehingga ketika bercinta, hubungan seks tersebut tidak akan menggangu janin.

Apakah memang semua pasangan bisa bebas bercinta selama si istri hamil? Tentu saja tidak. Ada kondisi-kondisi kehamilan tertentu yang bisa membuat seks menjadi terlarang untuk dilakukan. Kondisi-kondisi seperti apa saja? Biasanya dokter akan melarang pasangan untuk bercinta jika Anda:

  1. Menderita plasenta previa (plasenta terletak di dekat atau di atas leher rahim)
  2. Berisiko keguguran
  3. Pendarahan vagina yang tidak diketahui penyebabnya.
  4. Sering kram perut.
  5. Plasenta menutupi sebagian leher rahim
  6. Bermasalah pada rahim.
  7. Membran amnion (selaput ketuban) pecah.

Masih ada kondisi-kondisi lainnya yang biasanya akan disarankan dokter kandungan Anda untuk berhenti bercinta. Misalnya saja jika Anda punya sejarah melahirkan spontan pada kehamilan sebelumnya. Ketika hal itu terjadi, biasanya Anda akan disarankan untuk tidak berhubungan seks dulu di trimester kedua atau ketiga hingga minggu ke-37.

Apapun kondisi Anda selama kehamilan, jangan pernah takut atau malu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kalau dokter menasihati Anda untuk berhenti bercinta, pastikan Anda mendengarkan dengan baik penjelasannya.

Apakah dia menyebutkan secara spesifik soal apa saja yang tidak boleh misalnya dilarang penetrasi atau memasukkan apapun ke Miss V atau melakukan aktivitas yang bisa membuat Anda orgasme.

Kalau memang Anda dilarang bercinta, cobalah eksplorasi hal-hal baru dalam mengekspresikan perasaan cinta dan sayang. Misalnya saja dengan berpelukan, berciuman, berkirim pesan cinta dan lain-lain.

Desain Kamar Tidur Tatami untuk si Kecil

Posted: 10 Mar 2013 12:07 AM PST

Desain Ranjang Tempat Tidur Tatami. Bidang desain kamar tidur anak dewasa ini semakin berkembang. Hal itu bertujuan agar si kecil merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di dalamnya.

Bentuk tempat tidur atau ranjang untuk si kecil dengan desain tatami akan membuat anak lebih memiliki kesan khusus saat berada di kamar. Tatanan kamar nan simpel tapi dikemas secara fun adalah salah satu kunci utama untuk menciptakan kamar anak.

Seorang Desainer Interior Susan Octari Yauwhan menuturkan seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman okezone, bahwa “Hal yang paling penting dalam menata kamar anak adalah usahakan pemisahan antara area bermain, belajar, dan tidur diatur secara jelas.

Hal ini untuk mengajarkan anak belajar disiplin sedari dini,". Usahakan agar terdapat pemisah yang jelas antara area tempat tidur, area penyimpanan, dan belajarnya.

Desain tempat tidur tatami menjadikan fungsinya lebih awet sampai nanti si anak beranjak dewasa. Anda pun bisa membuat area penyimpanan di dalam kamar anak.

Namun, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu fungsinya. Bila Anda ingin menaruh barang-barang yang sering digunakan si kecil, ada baiknya letakkan di laci yang mudah dijangkau, seperti di bawah tempat tidur. Adapun untuk barang yang jarang dipakai, disimpan di dalam lemari pakaian.

Susan menambahkan, sebaiknya gunakan material HPL bermotif serat kayu. Material ini sangat pas diterapkan untuk kamar anak karena selain perawatan dan pembersihan yang mudah,motifnya pun sangat netral dan masih bisa digunakan sampai anak tumbuh dewasa.

Untuk lantai, ada baiknya menggunakan laminated parquet yang juga serasi dipadukan dengan material HPL bermotif kayu. Lantai dari parket memiliki kelebihan seperti mudah dibersihkan dan aman untuk kegiatan anak yang terkadang sulit diprediksi.

Furnitur lain yang dapat ditambahkan di dalamnya adalah ambalan. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku dan barang koleksi sang buah hati,ambalan juga dapat menambah cantik kamar anak Anda.

"Lebih baik cari desain ambalan yang memiliki motif lebih ceria, baik dari warna maupun gambar,sehingga bisa menarik kreativitas dan imajinasi anak," sebut Susan. Terakhir, jangan abaikan pencahayaannya.Anda bisa menggunakan lampu sorot berwarna natural untuk diletakkan di sudut meja belajar anak.

"Ada baiknya menghindari penggunaan lampu berwarna putih karena dapat memecahkan warna sehingga membuat mata anak cepat lelah ketika membaca," kata Susan.

Cara Membuat Lemari Kabinet untuk Ruangan agar Lebih Efisien

Posted: 09 Mar 2013 09:03 PM PST

Tips Cara Membuat Lemari Kabinet. Kehadiran lemari kabinet di ruangan rumah bisa menjadi solusi terbaik jika memang Anda memiliki banyak barang dan bingung menatanya. Apalagi bila barang itu kian menumpuk, sementara tempat untuk menyimpannya sangat terbatas.

Oleh karenanya, dengan adanya lemari kabinet di ruangan Anda, maka dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang masih terpakai. Sifat lemari ini cukup fleksibel sehingga bisa membuat ruangan yang sempit terkesan lebih luas.

Menurut arsitek Probo Hindarto, kabinet adalah sarana penyimpan yang biasanya berbentuk kotak dan terbuat dari bahan kayu, plastik, ataupun besi. Kata “kabinet” lazim digunakan sebagai penamaan sebuah lemari, rak kitchen set, dan sebagainya.

Lemari kabinet menurut jenisnya dibagi menjadi beberapa macam, seperti kabinet dapur, kabinet kamar mandi, dan kabinet kamar atau lemari.

Sementara menurut materialnya, kabinet dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain kabinet kayu, kabinet besi, kabinet kaca, atau kabinet dengan material kombinasi. Efisiensi sebuah lemari kabinet membuat fungsinya menjadi kian beragam, antara lain sebagai sarana penyimpan berbagai barang.

Fungsi kedua adalah sebagai sarana penunjang ruang yang ada. Misalnya, Probo menyebut, kabinet dapur merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi untuk menyimpan benda-benda serta kebutuhan memasak. Kabinet kamar mandi untuk menyimpan peralatan mandi.

Fungsinya menjadi berbeda ketika kita meletakkan kabinet di ruang keluarga. Biasanya kabinet digunakan untuk meletakkan pesawat televisi, perangkat sound system, majalah, dan kebutuhan keluarga yang lain.

Fungsi selanjutnya, kabinet mampu memengaruhi estetika ruangan. Probo menuturkan, sebagai elemen interior, kabinet atau sarana penyimpan memiliki andil yang besar karena bisa digunakan untuk menutup dinding. Selain itu, kabinet dapat pula menghadirkan nuansa berbeda pada ruang, yang ditimbulkan oleh material pembuat lemari tersebut.

Sebagai contoh, nuansa kayu yang lebih menonjolkan tekstur kayunya atau kaca yang bisa digunakan untuk memantulkan suasana sekeliling ruang dan membuat ruangan itu tampak lebih luas.

“Saat ini memang banyak jenis kabinet yang dibuat dari material kombinasi. Tidak hanya dari bahan kayu, tapi dari jenis material lain yang tak biasa. Tujuannya untuk estetika atau keindahan. Selain itu, kabinet yang custom made juga bisa lebih leluasa didesain,” ujar Probo.

Kendati demikian, lanjut Probo, untuk mengaplikasikan sebuah lemari kabinet ke dalam hunian diperlukan sejumlah pertimbangan, salah satunya tingkat kebutuhan penghuni terhadap lemari tersebut.

Karena, menurut Probo, lemari kabinet tidak harus ada di setiap ruang. Cukup di ruang-ruang tertentu yang memang tingkat kebutuhan terhadap kabinet lebih tinggi dibandingkan ruangan lain. Misalnya, ruang tamu tidak selalu membutuhkan lemari kabinet.

Selain itu, Anda juga mesti mengetahui kebutuhan apa yang mengharuskan Anda memiliki kabinet. Semisal banyaknya barang yang harus disimpan, kemudian jenis barang apa saja yang dimasukkan ke dalam kabinet tersebut.

Karena sebelum meletakkan kabinet, Anda perlu menyesuaikannya dengan tema ruangan. Contoh, bila rumah menerapkan gaya arsitektur klasik, maka kabinet yang dipilih harus menggunakan elemen dekorasi gaya klasik sehingga terlihat matching. Demikian pula dengan gaya arsitektur modern, jangan dipaksa menggunakan banyak ukiran karena bisa terlihat aneh dan tidak sesuai.

7 Fakta Vagina yang Penting untuk Diketahui

Posted: 09 Mar 2013 06:09 PM PST

7 Fakta penting tentang Vagina. Seberapa banyak Anda tahu tentang daerah intim wanita yang satu ini? Karena alasan tabu, biasanya masih banyak orang enggan untuk membicarakannya.

Berbagai pengetahuan yang salah, mitos, atau informasi yang tidak benar akhirnya sering menyesatkan kita. Nah, agar Anda lebih memahami tentang vagina, tidak ada salahnya menyimak fakta penting bagian intim wanita ini.

Yups kita simak daftar selengkapnya tentang Fakta Penting Seputar Vagina berikut ini, seperti Dunia Baca dot Com kutip dari laman merdeka.

  1. Bagian privat
    Terkadang, bagian privat wanita seluruhnya disebut sebagai vagina. Padahal, paket daerah intim itu ada banyak bagian, sementara vagina hanya salah satunya. Beberapa bagian itu adalah vulva, labia, klitoris, uretra, baru kemudian vagina.
  2. Kegel exercise
    Kegel exercise adalah rangkaian aktivitas fisik yang menargetkan kekuatan otot-otot dasar panggul. Banyak yang menganggap kegel exercise ini hanya bisa membantu kita agar cepat orgasme, faktanya latihan fisik itu juga baik untuk memperlancar masalah buang air atau kentut.
  3. Probiotik
    Bakteri baik probiotik adalah solusi terbaik kalau Anda punya masalah dengan infeksi vagina. Meskipun belum terbukti dalam penelitian, tetapi sebagian besar dokter justru menyarankannya untuk Anda.
  4. Masalah vagina
    Kembali lagi soal pendapat yang tabu jika berbicara soal vagina, hal ini juga mengakibatkan wanita enggan berkonsultasi dengan dokter. Padahal, tahukah Anda, menganalisis dan mendiagnosis vagina diri sendiri justru sering berakhir tidak baik!
  5. Seks
    Nah, kalau yang satu ini adalah cara agar menjaga vagina tetap sehat, terutama untuk wanita menopause. Jawabannya adalah dengan rutin bercinta dengan pasangan, agar tubuh tetap menghasilkan hormon estrogen yang menjaga kesehatan vagina (Baca: 5 Fakta Menjijikan tentang Seks).
  6. Bakteri di vagina
    Ada banyak bakteri jahat dan baik di area vagina wanita. Jika ingin membersihkannya secara alami, jangan menggunakan sabun tertentu dan menggosokkannya ke bagian intim itu. Sebab mencuci vagina dengan sabun bisa berbahaya dan membunuh bakteri baik.
  7. Klitoris
    Sepertinya klitoris memang tampak kecil, namun ternyata bagian itu hanya ujungnya saja. Klitoris yang sebenarnya memiliki ‘akar’ yang lebih panjang. Ukurannya kira-kira 10 cm. (Baca: 6 Fakta Menarik tentang Klitoris)

Apabila Anda memiliki masalah pada bagian organ intim, segera konsultasikan hal itu pada dokter. Sebab vagina yang tidak sehat bisa memicu penyakit dan menularkannya pada pasangan (Baca: Tips Merawat Kesehatan Vagina)

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Posted: 09 Mar 2013 02:55 PM PST

Tips Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil. Tidak sedikit pasangan yang baru menikah ingin segera dikaruniai momongan. Pasangan pun kerap bertanya-tanya walaupun sudah rutin bercinta, kenapa Anda belum hamil juga.

Untuk mempercepat terjadinya kehamilan, penting mengetahui kapan sebenarnya masa subur Anda.

Seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman Wolipop, untuk mengetahui penghitungan masa subur, mulailah dengan mencatat tanggal berapa hari pertama siklus menstruasi Anda setiap bulannya. Dari hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi bulan berikutnya merupakan satu siklus menstruasi, lamanya bervariasi antara 20-40 hari.

Masa ovulasi atau lepasnya sel telur, merupakan pertengahan dari siklus tersebut, kurang lebih 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Misalnya siklus menstruasi Anda 28 hari (tanggal menstruasi selalu maju 2 hari), maka ovulasi Anda sekitar hari ke 14 setelah hari pertama menstruasi.

Siklus ini bisa maju dan bisa mundur beberapa hari, demikian juga sperma, dapat bertahan hidup dalam tubuh Anda selama 1-2 hari. Sehingga Anda dan suami memiliki waktu sekitar 4 hari untuk berhubungan yang dapat menghasilkan kehamilan.

Bila Anda mengalami kesulitan menghitung masa subur, maka ada tanda-tanda fisik yang bisa menjadi penanda masa subur Anda, pertama ukurlah suhu tubuh dengan termometer setiap pagi saat bangun tidur, itu adalah suhu basal tubuh Anda.

Catatlah dalam sebuah buku setiap harinya, Anda akan mendapatkan suhu basal tubuh yang relatif sama setiap harinya. Pada saat ovulasi, suhu basal tubuh akan mengalami sedikit penurunan yang akan naik kembali setelah aktivitas. Penanda fisik yang kedua adalah keluarnya lendir vagina yang encer dan banyak, lendir tersebut tidak akan lepas bila kita pisahkan dengan dua buah jari.

Dengan kalender masa subur dan kedua penanda fisik itulah diketahuinya masa ovulasi Anda, dan saat itulah saat terbaik melakukan hubungan seksual. Anda juga dapat mengetahui masa subur dengan pemeriksaan di dokter kandungan, yaitu dengan ultrasonografi (USG) transvaginal, dengan alat tersebut akan terlihat dan terukur ukuran folikel-folikel di indung telur, sehingga dapat diketahui kapan folikel tersebut akan pecah dan mengeluarkan sel telur.

Kualitas sperma juga mempengaruhi kecepatan terjadinya kehamilan. Walaupun hanya diperlukan satu sperma untuk membuahi sel telur, namun konsentrasi sperma dalam air mani dan juga tingkat kecacatan sperma sangat mempengaruhi untuk terjadinya pembuahan.

Usahakan agar suami Anda tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, duduk dalam jangka waktu lama di tempat yang panas, serta perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan antioksidan untuk memperbaiki kualitas sperma.

Lakukan hubungan seksual di hari ovulasi, bila perlu tunda hubungan seksual sebelum hari ovulasi agar kualitas sperma memang yang terbaik saat ovulasi. Jangan langsung bangkit setelah hubungan seksual, bila perlu ganjal pinggul Anda dengan bantal agar sperma tertahan di sekitar rahim Anda. Pastikan Anda tidak terlalu lelah karena kehamilan memerlukan tubuh yang bugar dan pasokan oksigen yang lancar.

Hal-hal di atas dapat Anda coba untuk mempercepat terjadinya kehamilan, namun bila setelah satu tahun masih belum terjadi kehamilan, maka sebaiknya Anda dan suami memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah terdapat kelainan.

0 komentar:

Poskan Komentar

Minggu, 10 Maret 2013

duniabaca.com

duniabaca.com


7 Kondisi yang Membuat Seks Menjadi Terlarang Saat Hamil

Posted: 10 Mar 2013 04:32 AM PDT

7 Kondisi yang Membuat Seks Menjadi Terlarang Saat Hamil. Ketika hamil, tidak sedikit wanita atau bahkan pria yang menjadi sangat protektif pada janin mereka sehingga menolak bercinta karena khawatir terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

Sebenarnya tidak selalu seks selama hamil membahayakan. Hanya pada kondisi-kondisi tertentu bercinta saat hamil menjadi terlarang.

Sebagaimana dikatakan para dokter ahli di situs Baby Center seperti Dunia Baca dot Com sadur dari laman detikcom, pada sebagian besar kasus, bercinta saat hamil boleh-boleh saja.

Selama Anda tidak mengalami komplikasi, seks seharusnya bukan hal yang berisiko untuk dilakukan. Yang perlu Anda pahami, janin dilindungi selaput ketuban yang berisi cairan amnion dan plasenta serta otot rahim yang kuat. Sehingga ketika bercinta, hubungan seks tersebut tidak akan menggangu janin.

Apakah memang semua pasangan bisa bebas bercinta selama si istri hamil? Tentu saja tidak. Ada kondisi-kondisi kehamilan tertentu yang bisa membuat seks menjadi terlarang untuk dilakukan. Kondisi-kondisi seperti apa saja? Biasanya dokter akan melarang pasangan untuk bercinta jika Anda:

  1. Menderita plasenta previa (plasenta terletak di dekat atau di atas leher rahim)
  2. Berisiko keguguran
  3. Pendarahan vagina yang tidak diketahui penyebabnya.
  4. Sering kram perut.
  5. Plasenta menutupi sebagian leher rahim
  6. Bermasalah pada rahim.
  7. Membran amnion (selaput ketuban) pecah.

Masih ada kondisi-kondisi lainnya yang biasanya akan disarankan dokter kandungan Anda untuk berhenti bercinta. Misalnya saja jika Anda punya sejarah melahirkan spontan pada kehamilan sebelumnya. Ketika hal itu terjadi, biasanya Anda akan disarankan untuk tidak berhubungan seks dulu di trimester kedua atau ketiga hingga minggu ke-37.

Apapun kondisi Anda selama kehamilan, jangan pernah takut atau malu untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan. Kalau dokter menasihati Anda untuk berhenti bercinta, pastikan Anda mendengarkan dengan baik penjelasannya.

Apakah dia menyebutkan secara spesifik soal apa saja yang tidak boleh misalnya dilarang penetrasi atau memasukkan apapun ke Miss V atau melakukan aktivitas yang bisa membuat Anda orgasme.

Kalau memang Anda dilarang bercinta, cobalah eksplorasi hal-hal baru dalam mengekspresikan perasaan cinta dan sayang. Misalnya saja dengan berpelukan, berciuman, berkirim pesan cinta dan lain-lain.

Desain Kamar Tidur Tatami untuk si Kecil

Posted: 10 Mar 2013 12:07 AM PST

Desain Ranjang Tempat Tidur Tatami. Bidang desain kamar tidur anak dewasa ini semakin berkembang. Hal itu bertujuan agar si kecil merasa nyaman dan betah berlama-lama berada di dalamnya.

Bentuk tempat tidur atau ranjang untuk si kecil dengan desain tatami akan membuat anak lebih memiliki kesan khusus saat berada di kamar. Tatanan kamar nan simpel tapi dikemas secara fun adalah salah satu kunci utama untuk menciptakan kamar anak.

Seorang Desainer Interior Susan Octari Yauwhan menuturkan seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman okezone, bahwa “Hal yang paling penting dalam menata kamar anak adalah usahakan pemisahan antara area bermain, belajar, dan tidur diatur secara jelas.

Hal ini untuk mengajarkan anak belajar disiplin sedari dini,". Usahakan agar terdapat pemisah yang jelas antara area tempat tidur, area penyimpanan, dan belajarnya.

Desain tempat tidur tatami menjadikan fungsinya lebih awet sampai nanti si anak beranjak dewasa. Anda pun bisa membuat area penyimpanan di dalam kamar anak.

Namun, sebaiknya pisahkan terlebih dahulu fungsinya. Bila Anda ingin menaruh barang-barang yang sering digunakan si kecil, ada baiknya letakkan di laci yang mudah dijangkau, seperti di bawah tempat tidur. Adapun untuk barang yang jarang dipakai, disimpan di dalam lemari pakaian.

Susan menambahkan, sebaiknya gunakan material HPL bermotif serat kayu. Material ini sangat pas diterapkan untuk kamar anak karena selain perawatan dan pembersihan yang mudah,motifnya pun sangat netral dan masih bisa digunakan sampai anak tumbuh dewasa.

Untuk lantai, ada baiknya menggunakan laminated parquet yang juga serasi dipadukan dengan material HPL bermotif kayu. Lantai dari parket memiliki kelebihan seperti mudah dibersihkan dan aman untuk kegiatan anak yang terkadang sulit diprediksi.

Furnitur lain yang dapat ditambahkan di dalamnya adalah ambalan. Selain berfungsi sebagai tempat penyimpanan buku dan barang koleksi sang buah hati,ambalan juga dapat menambah cantik kamar anak Anda.

"Lebih baik cari desain ambalan yang memiliki motif lebih ceria, baik dari warna maupun gambar,sehingga bisa menarik kreativitas dan imajinasi anak," sebut Susan. Terakhir, jangan abaikan pencahayaannya.Anda bisa menggunakan lampu sorot berwarna natural untuk diletakkan di sudut meja belajar anak.

"Ada baiknya menghindari penggunaan lampu berwarna putih karena dapat memecahkan warna sehingga membuat mata anak cepat lelah ketika membaca," kata Susan.

Cara Membuat Lemari Kabinet untuk Ruangan agar Lebih Efisien

Posted: 09 Mar 2013 09:03 PM PST

Tips Cara Membuat Lemari Kabinet. Kehadiran lemari kabinet di ruangan rumah bisa menjadi solusi terbaik jika memang Anda memiliki banyak barang dan bingung menatanya. Apalagi bila barang itu kian menumpuk, sementara tempat untuk menyimpannya sangat terbatas.

Oleh karenanya, dengan adanya lemari kabinet di ruangan Anda, maka dapat dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang yang masih terpakai. Sifat lemari ini cukup fleksibel sehingga bisa membuat ruangan yang sempit terkesan lebih luas.

Menurut arsitek Probo Hindarto, kabinet adalah sarana penyimpan yang biasanya berbentuk kotak dan terbuat dari bahan kayu, plastik, ataupun besi. Kata “kabinet” lazim digunakan sebagai penamaan sebuah lemari, rak kitchen set, dan sebagainya.

Lemari kabinet menurut jenisnya dibagi menjadi beberapa macam, seperti kabinet dapur, kabinet kamar mandi, dan kabinet kamar atau lemari.

Sementara menurut materialnya, kabinet dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain kabinet kayu, kabinet besi, kabinet kaca, atau kabinet dengan material kombinasi. Efisiensi sebuah lemari kabinet membuat fungsinya menjadi kian beragam, antara lain sebagai sarana penyimpan berbagai barang.

Fungsi kedua adalah sebagai sarana penunjang ruang yang ada. Misalnya, Probo menyebut, kabinet dapur merupakan bagian dari kitchen set yang berfungsi untuk menyimpan benda-benda serta kebutuhan memasak. Kabinet kamar mandi untuk menyimpan peralatan mandi.

Fungsinya menjadi berbeda ketika kita meletakkan kabinet di ruang keluarga. Biasanya kabinet digunakan untuk meletakkan pesawat televisi, perangkat sound system, majalah, dan kebutuhan keluarga yang lain.

Fungsi selanjutnya, kabinet mampu memengaruhi estetika ruangan. Probo menuturkan, sebagai elemen interior, kabinet atau sarana penyimpan memiliki andil yang besar karena bisa digunakan untuk menutup dinding. Selain itu, kabinet dapat pula menghadirkan nuansa berbeda pada ruang, yang ditimbulkan oleh material pembuat lemari tersebut.

Sebagai contoh, nuansa kayu yang lebih menonjolkan tekstur kayunya atau kaca yang bisa digunakan untuk memantulkan suasana sekeliling ruang dan membuat ruangan itu tampak lebih luas.

“Saat ini memang banyak jenis kabinet yang dibuat dari material kombinasi. Tidak hanya dari bahan kayu, tapi dari jenis material lain yang tak biasa. Tujuannya untuk estetika atau keindahan. Selain itu, kabinet yang custom made juga bisa lebih leluasa didesain,” ujar Probo.

Kendati demikian, lanjut Probo, untuk mengaplikasikan sebuah lemari kabinet ke dalam hunian diperlukan sejumlah pertimbangan, salah satunya tingkat kebutuhan penghuni terhadap lemari tersebut.

Karena, menurut Probo, lemari kabinet tidak harus ada di setiap ruang. Cukup di ruang-ruang tertentu yang memang tingkat kebutuhan terhadap kabinet lebih tinggi dibandingkan ruangan lain. Misalnya, ruang tamu tidak selalu membutuhkan lemari kabinet.

Selain itu, Anda juga mesti mengetahui kebutuhan apa yang mengharuskan Anda memiliki kabinet. Semisal banyaknya barang yang harus disimpan, kemudian jenis barang apa saja yang dimasukkan ke dalam kabinet tersebut.

Karena sebelum meletakkan kabinet, Anda perlu menyesuaikannya dengan tema ruangan. Contoh, bila rumah menerapkan gaya arsitektur klasik, maka kabinet yang dipilih harus menggunakan elemen dekorasi gaya klasik sehingga terlihat matching. Demikian pula dengan gaya arsitektur modern, jangan dipaksa menggunakan banyak ukiran karena bisa terlihat aneh dan tidak sesuai.

7 Fakta Vagina yang Penting untuk Diketahui

Posted: 09 Mar 2013 06:09 PM PST

7 Fakta penting tentang Vagina. Seberapa banyak Anda tahu tentang daerah intim wanita yang satu ini? Karena alasan tabu, biasanya masih banyak orang enggan untuk membicarakannya.

Berbagai pengetahuan yang salah, mitos, atau informasi yang tidak benar akhirnya sering menyesatkan kita. Nah, agar Anda lebih memahami tentang vagina, tidak ada salahnya menyimak fakta penting bagian intim wanita ini.

Yups kita simak daftar selengkapnya tentang Fakta Penting Seputar Vagina berikut ini, seperti Dunia Baca dot Com kutip dari laman merdeka.

  1. Bagian privat
    Terkadang, bagian privat wanita seluruhnya disebut sebagai vagina. Padahal, paket daerah intim itu ada banyak bagian, sementara vagina hanya salah satunya. Beberapa bagian itu adalah vulva, labia, klitoris, uretra, baru kemudian vagina.
  2. Kegel exercise
    Kegel exercise adalah rangkaian aktivitas fisik yang menargetkan kekuatan otot-otot dasar panggul. Banyak yang menganggap kegel exercise ini hanya bisa membantu kita agar cepat orgasme, faktanya latihan fisik itu juga baik untuk memperlancar masalah buang air atau kentut.
  3. Probiotik
    Bakteri baik probiotik adalah solusi terbaik kalau Anda punya masalah dengan infeksi vagina. Meskipun belum terbukti dalam penelitian, tetapi sebagian besar dokter justru menyarankannya untuk Anda.
  4. Masalah vagina
    Kembali lagi soal pendapat yang tabu jika berbicara soal vagina, hal ini juga mengakibatkan wanita enggan berkonsultasi dengan dokter. Padahal, tahukah Anda, menganalisis dan mendiagnosis vagina diri sendiri justru sering berakhir tidak baik!
  5. Seks
    Nah, kalau yang satu ini adalah cara agar menjaga vagina tetap sehat, terutama untuk wanita menopause. Jawabannya adalah dengan rutin bercinta dengan pasangan, agar tubuh tetap menghasilkan hormon estrogen yang menjaga kesehatan vagina (Baca: 5 Fakta Menjijikan tentang Seks).
  6. Bakteri di vagina
    Ada banyak bakteri jahat dan baik di area vagina wanita. Jika ingin membersihkannya secara alami, jangan menggunakan sabun tertentu dan menggosokkannya ke bagian intim itu. Sebab mencuci vagina dengan sabun bisa berbahaya dan membunuh bakteri baik.
  7. Klitoris
    Sepertinya klitoris memang tampak kecil, namun ternyata bagian itu hanya ujungnya saja. Klitoris yang sebenarnya memiliki ‘akar’ yang lebih panjang. Ukurannya kira-kira 10 cm. (Baca: 6 Fakta Menarik tentang Klitoris)

Apabila Anda memiliki masalah pada bagian organ intim, segera konsultasikan hal itu pada dokter. Sebab vagina yang tidak sehat bisa memicu penyakit dan menularkannya pada pasangan (Baca: Tips Merawat Kesehatan Vagina)

Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil

Posted: 09 Mar 2013 02:55 PM PST

Tips Cara Mengetahui Masa Subur Wanita Agar Cepat Hamil. Tidak sedikit pasangan yang baru menikah ingin segera dikaruniai momongan. Pasangan pun kerap bertanya-tanya walaupun sudah rutin bercinta, kenapa Anda belum hamil juga.

Untuk mempercepat terjadinya kehamilan, penting mengetahui kapan sebenarnya masa subur Anda.

Seperti Dunia Baca dot Com lansir dari laman Wolipop, untuk mengetahui penghitungan masa subur, mulailah dengan mencatat tanggal berapa hari pertama siklus menstruasi Anda setiap bulannya. Dari hari pertama menstruasi ke hari pertama menstruasi bulan berikutnya merupakan satu siklus menstruasi, lamanya bervariasi antara 20-40 hari.

Masa ovulasi atau lepasnya sel telur, merupakan pertengahan dari siklus tersebut, kurang lebih 14 hari sebelum hari pertama menstruasi berikutnya. Misalnya siklus menstruasi Anda 28 hari (tanggal menstruasi selalu maju 2 hari), maka ovulasi Anda sekitar hari ke 14 setelah hari pertama menstruasi.

Siklus ini bisa maju dan bisa mundur beberapa hari, demikian juga sperma, dapat bertahan hidup dalam tubuh Anda selama 1-2 hari. Sehingga Anda dan suami memiliki waktu sekitar 4 hari untuk berhubungan yang dapat menghasilkan kehamilan.

Bila Anda mengalami kesulitan menghitung masa subur, maka ada tanda-tanda fisik yang bisa menjadi penanda masa subur Anda, pertama ukurlah suhu tubuh dengan termometer setiap pagi saat bangun tidur, itu adalah suhu basal tubuh Anda.

Catatlah dalam sebuah buku setiap harinya, Anda akan mendapatkan suhu basal tubuh yang relatif sama setiap harinya. Pada saat ovulasi, suhu basal tubuh akan mengalami sedikit penurunan yang akan naik kembali setelah aktivitas. Penanda fisik yang kedua adalah keluarnya lendir vagina yang encer dan banyak, lendir tersebut tidak akan lepas bila kita pisahkan dengan dua buah jari.

Dengan kalender masa subur dan kedua penanda fisik itulah diketahuinya masa ovulasi Anda, dan saat itulah saat terbaik melakukan hubungan seksual. Anda juga dapat mengetahui masa subur dengan pemeriksaan di dokter kandungan, yaitu dengan ultrasonografi (USG) transvaginal, dengan alat tersebut akan terlihat dan terukur ukuran folikel-folikel di indung telur, sehingga dapat diketahui kapan folikel tersebut akan pecah dan mengeluarkan sel telur.

Kualitas sperma juga mempengaruhi kecepatan terjadinya kehamilan. Walaupun hanya diperlukan satu sperma untuk membuahi sel telur, namun konsentrasi sperma dalam air mani dan juga tingkat kecacatan sperma sangat mempengaruhi untuk terjadinya pembuahan.

Usahakan agar suami Anda tidak menggunakan celana yang terlalu ketat, duduk dalam jangka waktu lama di tempat yang panas, serta perbanyaklah konsumsi buah-buahan dan antioksidan untuk memperbaiki kualitas sperma.

Lakukan hubungan seksual di hari ovulasi, bila perlu tunda hubungan seksual sebelum hari ovulasi agar kualitas sperma memang yang terbaik saat ovulasi. Jangan langsung bangkit setelah hubungan seksual, bila perlu ganjal pinggul Anda dengan bantal agar sperma tertahan di sekitar rahim Anda. Pastikan Anda tidak terlalu lelah karena kehamilan memerlukan tubuh yang bugar dan pasokan oksigen yang lancar.

Hal-hal di atas dapat Anda coba untuk mempercepat terjadinya kehamilan, namun bila setelah satu tahun masih belum terjadi kehamilan, maka sebaiknya Anda dan suami memeriksakan diri ke dokter, untuk mengetahui apakah terdapat kelainan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

 

MEDIA INFO © 2011 Design by Best Blogger Templates | Sponsored by HD Wallpapers